Di era serba digital sepertisSaat ini, serangan hacker semakin parah. Bahkan, tidak sedikit pula perusahaan yang mengalami kebocoran data penting.

Maka dari itu, perusahaan wajib meningkatkan dan harus lebih peka terhadap aspek cyber security, agar aktivitas digital bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.

Sayangnya, serangan siber terus berkembang dan selalu memperbarui metode penyerangannya sejalan dengan berkembangnya teknologi.

Itulah mengapa, salah satu solusi terbaik untuk menghadapi serangan siber di masa yang akan datang, bisa menggunakan SOC atau Security Operation Center.

Memang, apa saja kelebihan SOC dibandingkan cara lainnya? Berikut penjelasannya.

1. SOC Memberi Perlindungan Secara Menyeluruh

Adanya serangan siber bisa karena celah keamanan yang terbuka lebar pada sistem perusahaan. SOC yang berperan sebagai pusat keamanan jaringan perusahaan, punya tanggung jawab untuk mengawasi setiap aktivitas yang terjadi di dalamnya.

Setiap waktu, SOC akan mengawasi database, situs web, aplikasi, dan sistem lainnya. Bahkan SOC tersebut juga akan memonitor situs eksternal yang masuk ke dalam daftar situs dengan potensi mengancam keamanan siber perusahaan.

Hal ini bertujuan untuk menemukan aktivitas mencurigakan atau celah keamanan yang dapat berpotensi sebagai ancaman keamanan sistem.

Jika ditemukan celah keamanan lebih cepat, maka SOC bisa segera melakukan tindakan preventif, seperti menganalisa, melaporkan jika ada celah keamanan sistem, serta melakukan perencanaan tindakan pencegahan.

2. Efisien Waktu dan Biaya

Daripada membangun tim cyber security sendiri, layanan SOC bisa lebih menghemat waktu dan biaya.

Tim SOC biasanya terdiri dari para ahli, tidak memerlukan training terlalu banyak. Dan ini artinya perusahaan bisa langsung merasakan keefektivitasan kinerjanya tanpa harus menunggu lama. Anggaran yang seharusnya untuk memberikan training juga dapat dialokasikan pada hal lain.

 

3. Tingkatkan Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan dengan tim khusus pencegahan serangan siber bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari klien atau mitra usaha.

Sebab, prioritas klien dan mitra usaha adalah terjaminnya keamanan informasi mereka.

Ada sangat banyak contoh di mana sebuah perusahaan mengalami serangan siber yang mengakibatkan bocornya informasi klien.

Jika sudah begitu, akan sangat sulit mendapat klien dan mitra usaha yang bisa membantu bisnis Anda lebih maju lagi.

Mau Belajar Lebih Lanjut?

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo Jogja.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik dapat lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi? Langsung saja hubungi kami melalui kontak tertera di bawah ini.

Email:

marketing@inixindojogja.co.id

Telp / Whatsapp:

+62-274-515448

ajax-loader
× Butuh bantuan?