Kolaborasi dan Integrasi Untuk Mempercepat Digitalisasi Pemerintahan

Mar 14, 2019

 

Indonesia termasuk negara yang konsumsi internetnya tinggi yakni sebesar 150 juta penduduk atau sekitar lebih dari 50% juta penduduk Indonesia. Dari jumlah tersebut, rata-rata penduduk Indonesia mengakses internet sekitar 8 jam dalam sehari. Besarnya jam akses penduduk Indonesia terhadap internet membuat banyak sekali bermunculan bisnis-bisnis baru yang memanfaatkan data yang tersimpan di cloud.

 

Kolaborasi dan Integrasi Untuk Mempercepat Digitalisasi Pemerintahan 2

 

Tingginya akses tersebut membuat Pemerintah harus memanfaatkan teknologi digital untuk pelayanan, proses internal organisasi dan model organisasi. Keharusan digitalisasi Pemerintah tertuang dalam Perpres No.95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Dalam kegiatan Rakor Diskominfo Se-Provinsi Lampung, Andi Yuniantoro selaku Direktur Inixindo Jogja mengatakan bahwa ada tiga komponen yang berperan penting dalam menunjang digitalisasi Pemerintah, diantaranya People, process, dan TechnologyPeople dimaksudkan bagaimana para ASN dapat memanfaatkan cloud untuk communicate dan collaborate seperti edit foto dan edit video, google sheet dan google doc untuk mengerjakan pekerjaan bersama, dan menggunakan skype untuk melakukan teleconference. Dalam process, bagaimana pengelolaan kinerja organisasi agar setiap kegiatan yang ada diorganisasi tersebut dapat terintegrasi untuk mengurangi double data dan keambiguan. Terakhir technology, bagaimana pemerintah dapat mendigitalisasi seluruh kegiatan pelayanan agar menciptakan layanan yang optimal untuk masyarakat.

 

Kolaborasi dan Integrasi Untuk Mempercepat Digitalisasi Pemerintahan 3

 

Penerapan SPBE menurut lelaki yang akrab disapa Andi dapat terwujud apabila ada  visi, misi, strategi, dan inisiatif dari pemerintah daerah sudah sesuai dengan indeks penilaian SPBE yang telah ditetapkan oleh pemerintah diantaranya keberhasilan Pemerintah dalam mengintergrasikan kebijakan, tata kelola dan penyelenggaraan.  Integrasi dan kolaborasi yang dilakukan Pemerintah akan mempercepat proses penerapan SPBE, sehingga mempermudah Provinsi tersebut menjadi Smart Province.

WhatsApp chat Chat via Whatsapp