Kota-Kota di Indonesia Ini Sudah Menerapkan Smart City

Kota cerdas merupakan sebuah visi pengembangan perkotaan untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan teknologi Internet of things (IoT) dengan cara yang aman untuk mengelola aset kota. Kota-kota di negara-negara maju dunia telah menerapkan Smart City dengan teknologi yang sangat canggih. Lima besar kota terbaik dunia yang menerapkan Smart City adalah Vienna, Toronto, Paris, New York, dan London. Bagaimanakah dengan Indonesia?

Pada 22-23 Mei 2017, dilakukan kick-off program Gerakan Menuju 100 Smart City, di Makassar. Peresmiannya ditandai dengan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara perwakilan Pemerintah Pusat dengan 25 kepala daerah yang terpilih sebagai peserta tahap pertama.

Daftar kota peserta tahap pertama tersebut adalah Kota Semarang, Kota Singkawang, Kota Makassar, Kota Bogor, Kota Tomohon, Kota Jambi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Samarinda, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Sedangkan untuk kabupaten, pesertanya adalah Kabupaten Sleman, Kabupaten Badung, Kabupaten Siak, Kabupaten Mimika, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bojonegoro, dan Kabupaten Banyuwangi.

Di kesempatan lain, pada 11 Desember 2017, di Jakarta, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memberikan penghargaan kepada 15 kota di Indonesia masuk dalam kategori utama Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017, yaitu Rating Kota Menuju Cerdas (Smart City). Kegiatan ini adalah hasil tindak lanjut dari rangkaian kegiatan survei dan kajian kesiapan kota cerdas terhadap 93 kota di seluruh Indonesia yang dibuka Wapres pada 4 Mei 2017.

Terdapat tiga kategori yaitu Kota Besar diraih Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan; Kota Sedang diraih Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakarta, Kediri; serta Kota Kecil diraih Magelang, Sawahlunto, Bontang, Tual, dan Bukittinggi.

Mewujudkan predikat sebagai Smart City bagi kota-kota di Indonesia tersebut memerlukan kerja sama dan sinergi dari berbagai pihak. Inixindo Jogja terus berupaya untuk berkontribusi dan bekerja sama dengan pemerintahan khususnya pemerintahan daerah dengan menawarkan program program terkait demi mewujudkannya predikat sebagai Smart City. Kota-kota yang telah menjalin kerja sama dengan Inixindo Jogja terkait Smart City ini antara lain Kabupaten Magelang, Kabupaten Berau, Kabupateb Kotawaringin Barat, Kota Salatiga, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Lamandau.

Chat via Whatsapp