Salah satu komponen menciptakan smart city diantaranya memanfaatkan teknologi sebagai enabler untuk mewujudkan kota/daerah yang layak huni, nyaman, sehat, aman dan berkelanjutan yang berbasis pada inovasi. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan salah satu fasilitas Command Center dalam menjalankan business process smart city, seperti yang ada di Inixindo Jogja. Teknologi Command Center dilengkapi komponen smart pole dan sensor pendeteksi api, suhu, jarak, banjir yang nantinya diharapkan dapat membantu para pemangku kepentingan mengambil sebuah keputusan. Kali ini Mini Command Center Inixindo Jogja mendapat kunjungan tamu istimewa dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke yang diwakili oleh Bapak Nugie selaku kabid

“Pada kondisi di Pemerintahan Daerah, salah satu fungsi terpenting command center ialah menampilkan data yang sudah terkumpul dari seluruh SKPD secara real time sehingga Kepala Daerah dapat memantau kondisi di daerahnya. Misalnya ketika di suatu jalan terjadi sebuah kepadatan yang terdeteksi melalui sensor, dapat diketahui secara langsung apa penyebab dari kepadatan tersebut apakah sebuah kecelakaan atau jalan yang rusak, yang datanya juga didukung dengan data dari CCTV setempat” Ujar Umar Affandhi dalam menjelaskan Mini Command Center di Inixindo Jogja kepada Diskominfo Kabupaten Merauke (30/07)

Selanjutnya Umar Affandhi mengatakan bahwa untuk menyajikan data pada video wall tersebut diperlukan data yang terintegrasi antar SKPD untuk memudahkan analisa data. Sehingga para Kepala Daerah mampu memutuskan kebijakan secara cepat dan tepat berdasarkan data yang tersaji secara realtime. Kehadiran Command Center dalam Pemerintah Daerah sejalan dengan Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 menyebutkan tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sehingga komitmen dalam memberikan pelayanan dan memudahkan tata kelola pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan penerapannya dapat terkontrol. 

Kunjungan Dari Merauke : Demo Command Center 1Kunjungan Dari Merauke : Demo Command Center 2

Pemerintah Perlu Pondasi TIK 

Dalam menjalankan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Daerah mutlak mempunyai pondasi TIK dalam menjalankan pemerintahan, termasuk di dalam membangun SDM TIK dan layanan terpadu untuk publik dan pemerintahan yang saling terintegrasi. Untuk itu butuh rencana induk atau master plan yang berisikan roadmap program kerja yang selaras dengan  Visi dan Misi yang telah ditetapkan. Nugroho Asrianto, ST., M.Si sebagai Kepala Bidang Pengembangan Layanan Diskominfo Kabupaten Merauke mengatakan bahwa untuk penerapan SPBE daerahnya butuh acuan dalam mengimplementasikan Smart City dan SPBE di daerahnya seperti Master Plan yang berisikan tentang konsep dasar penerapan SPBE, identifikasi kebutuhan TIK, bagaimana proses penerapan TIK dan kompetensi SDM yang harus dimiliki dalam membangun SPBE.

~~~~~

WhatsApp Chat via Whatsapp