Menurut Wikipedia, Sertifikasi Profesi adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional terhadap seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik.

Di Indonesia ada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mengawasi konsistensi dan kredibiltas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memberikan sertifikat atas suatu profesi atau kompetensi tertentu. BNSP akan memberikan lisensi kepada LSP yang dianggap kredibel untuk memberikan sertifikasi, salah satunya adalah Inixindo.

Kemudian apa manfaat dari memiliki sertifikasi profesi ini?

Memiliki keunggulan kompetitif

Manfaat Penting Sertifikasi Profesi 1

Dibandingkan dengan kandidat tanpa sertifikasi profesi, anda yang memiliki sertifikasi profesi akan lebih memiliki keunggulan ketika bersaing kompetitif karena kemampuan anda sudah diakui secara tertulis. Ini akan menunjang anda baik di perusahaan maupun instansi tempat anda bekerja.

Memiliki potensi untuk mendapatkan upah lebih tinggi

Manfaat Penting Sertifikasi Profesi 2

Banyak instansi dan perusahaan sangat menghargai kemampuan SDM mereka dengan memberikan upah yang lebih tinggi. Dengan memiliki sertifikat profesi ini anda dapat membuktikan kepada instansi anda bahwa anda memiliki potensi lebih.

Memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan

Manfaat Penting Sertifikasi Profesi 3

Bagi anda pekerja lepas (freelance) dan belum memiliki pekerjaan, anda bisa memanfaatkan sertifikat ini sebagai tambahan pertimbangan untuk calon rekruiter dan perusahaan tempat anda melamar atau mengajukan pekerjaan. Banyak rekruiter dan perusahaan sangat mempertimbangkan sertifikat profesi seseorang karena kemampuan kandidat akan lebih terbukti dibandingkan kandidat yang tidak memiliki atau mengikuti sertifikasi profesi ini.

Menunjang karir 

Manfaat Penting Sertifikasi Profesi 4

Dalam karir, kemampuan anda saja tidak cukup untuk meyakinkan instansi untuk memberi anda peran lebih. Sertifikasi diperlukan sebagai bukti bahwa anda telah terbukti memiliki kemampuan profesional sesuai dengan bidang anda. 

Dengan banyaknya kebutuhan terkait pemenuhan kompetensi Pegawai, ASN dan kelengkapan SKPI khususnya bidang TIK, LSP LPK Inixindo sebagai lembaga sertifikasi nasional di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi di bidang TIK memberikan solusi dalam bentuk pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi nasional. Selain Sertifikasi Profesi, Inixindo juga memiliki sertifikasi lain yang diakui secara nasional dan internasional untuk lebih lengkapnya dapat diakses melalui halaman Sertifikasi

WhatsApp chat Chat via Whatsapp