Data menjadi salah satu hal yang sangat penting di era digital seperti sekarang, namun bagaimana cara agar data menjadi lebih mudah dipahami?

Data memang bisa menjadi insight yang berharga untuk sebuah organisasi, namun memerlukan proses analisis data. Tidak cukup hanya proses analisis data saja, data perlu divisualisasikan agar mudah dipahami oleh orang-orang yang berkepentingan.

Visualisasi data adalah proses untuk membuat data yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami. Dalam visualisasi data, ada banyak model yang bisa digunakan seperti grafik, diagram, dan lain-lain. Hal ini akan mempermudah pemahaman yang lebih cepat, intuitif bahkan bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang analisis data yang kuat.

Dalam proses visualisasi data, diperlukan tools untuk memproses data menjadi grafik yang mudah untuk dipahami. Salah satu tools visualisasi data yang mudah digunakan adalah Tableau.

Tableau

Tableau merupakan salah satu tools yang digunakan untuk visualisasi data. Tableau memungkinkan pengguna untuk mengkonversi data yang kompleks menjadi visualisasi yang mudah dipahami.

Dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Tableau Software, platform ini dirancang untuk membantu individu dan organisasi dalam menganalisis, memahami, dan menyajikan data dengan cara yang lebih visual dan intuitif.

Kelebihan Tableau

Antarmuka yang intuitif 

Salah satu keunggulan utama Tableau adalah antarmuka pengguna yang ramah pengguna. Dengan drag-and-drop yang mudah, bahkan pengguna tanpa latar belakang teknis yang kuat dapat membuat visualisasi data yang menarik dan informatif.

Visualisasi yang interaktif

Tableau memungkinkan pembuatan visualisasi data yang interaktif. Pengguna dapat mengeksplorasi data dengan melakukan drill-down, filtering, dan memilih berbagai opsi tampilan, memberikan pengalaman pengguna yang mendalam dan terlibat.

Kompatibilitas dengan berbagai jenis data

Tak peduli seberapa besar atau kompleksnya data Anda, Tableau dapat menangani semuanya. Dengan mendukung berbagai jenis data termasuk data geografis, waktu, dan hierarki, Tableau menyajikan kebebasan dalam menggali wawasan dari data yang beragam.

Kemampuan kustomisasi

Tableau memberikan tingkat kustomisasi yang tinggi dalam desain visualisasi. Pengguna dapat dengan mudah mengubah warna, tata letak, dan elemen-elemen lainnya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan spesifik mereka.

Kolaborasi yang mudah

Tableau memfasilitasi kolaborasi antara tim. Dengan fitur berbagi dan kolaborasi bawaan, pengguna dapat berkolaborasi dalam menciptakan visualisasi yang lebih baik dan berbagi wawasan dengan tim mereka.

Ingin menggunakan Tableau untuk proses visualisasi data di organisasi Anda?

Ikuti Exclusive Class Data Visualization with Tableau with DMBOK, KLIK DISINI

DTAC - Cyber Security Governance with ISO 27001
× Butuh bantuan?