Sebagai seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan, Anda tentu harus memiliki kemampuan untuk memimpin karyawan agar mampu mencapai produktivitas yang tinggi.

Namun, tantangan yang dihadapi seorang pemimpin kian hari akan bertambah dan diperlukan pengembangan kemampuan lebih dalam.

Hal ini tidak lain karena perkembangan teknologi yang begitu pesat telah mendorong terjadinya digitalisasi di semua aspek kehidupan, termasuk dunia kerja.

Teknologi bisa memberikan banyak kemudahan terhadap aktivitas orang dalam bekerja, terutama untuk generasi milenial yang lebih terbuka akan pemanfaatan teknologi di dalam kesehariannya.

Lalu, apa hubungannya tekonologi dengan kepemimpinan? Hal ini karena ada perubahan dari sisi langkah pengelolaan dan integrasi pada generasi milenial dengan Baby Boomer dan Generasi X.

Tujuannya tidak lain untuk menghindari konflik antar generasi yang ada di tempat kerja.

Bagaimana solusinya? Tentunya Anda sebagai seorang pemimpin haruslah memiliki kriteria-kriteria tertentu.

Kriteria Pemimpin di Era Digital

Melansir Bisnis.com di era yang serba digital ini, seorang pemimpin harus memiliki kriteria-kriteria berikut untuk menunjang kemajuan sebuah perusahaan atau organisasi, antara lain:

1. Mampu berkomunikasi

Dalam era digital ini, pemimpin dituntut mampu berkomunikasi tidak hanya secara fisik dengan tatap muka, tapi juga piawai dalam berkomunikasi melalui berbagai saluran berbasis teknologi yang dapat menunjang efektivitas dan efisiensi, seperti melalui email, aplikasi, atau bahkan chat messenger seperti WhatsApp.

 

2. Punya pikiran terbuka

Karena digitalisasi turut mendorong pemanfaatan teknologi dalam bekerja, saat ini tenaga kerja terutama generasi milenial, punya metode dan caranya sendiri dalam bekerja.

Dalam hal, ini sebagai seorang pemimpin haruslah memiliki pemikiran yang terbuka untuk memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk melakukan pekerjaannya dengan metode sesuai dengan budaya dan cara kerjanya masing-masing.

Tapi yang perlu diingat, hasil yang disampaikan harus tetap sesuai dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan tersebut.

 

3. Tanggap terhadap perubahan

Pemimpin dalam era digital harus memiliki kepekaan dan kecepatan untuk melihat dan menilai suatu perubahan serta mengintegrasikan informasi tersebut menjadi keputusan dalam menjalankan perusahaannya.

Sebab, perkembangan teknologi yang pesat ini telah juga ikut mengubah kebiasaan serta perilaku pasar.

 

4. Berani ambil resiko

Saat ini, perubahan terjadi sangat cepat. Itulah kenapa, perusahaan harus turut bertransformasi dalam rangka beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Maka dari itu, saat ini seorang pemimpin perusahaan harus berani mengambil resiko dengan bereksperimen mencoba cara baru serta menilai dengan komprehensif mana cara yang paling efektif untuk diterapkan perusahaan.

Kepemimpinan yang baik dan ideal tumbuh tidak hanya berdasar dari lama pengalaman kerja yang dimiliki seorang pemimpin. Tapi juga bagaimana seorang pemimpin bisa memanfaatkan setiap potensi yang adad di dalam dirinya, memiliki perilaku serta sikap dan gaya kerja yang kompeten dalam menghadapi era digital.

Mau Belajar Lebih Lanjut?

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo Jogja.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik dapat lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi? Langsung saja hubungi kami melalui kontak tertera di bawah ini.

Email:

marketing@inixindojogja.co.id

Telp / Whatsapp:

+62-274-515448

ajax-loader
× Butuh bantuan?