Pentingnya Digital Leadership Untuk Pemimpin Daerah 1

Pentingnya Digital Leadership Untuk Pemimpin Daerah

Mar 1, 2019

Mengacu pada Peraturan Presiden No. 95 tahun 2018 mengenai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan kebijakan untuk mewujudkan Pemerintahan yang bersih, efektif dan transparan. Tujuan dengan adanya SPBE, semua sistem tata kelola pemerintah diharapkan dapat terintegrasi secara digital di seluruh OPD mulai dari Kabupaten/Kota hingga ke Pusat Pemerintahan. Untuk mewujudkan Perpres No.95, Kominfo dalam hal ini berperan untuk bersosialisasi dan mendukung pemerintah daerah untuk mewujudukan pemerintahan yang terintegrasi secara digital. Kesuksesan SPBE dalam Pemerintahan, diukur melalui sistem index yang masing-masing levelnya dilihat dari keberhasilan Pemerintah dalam mengintegrasikan kebijakan, tata kelola, dan penyelanggaraan. Poin tertinggi dari penilaian sistem index SPBE terletak pada bagaimana pemerintah melakukan implementasi atau penyelenggaraan SPBE dengan porsi 50% dibandingkan dengan tata kelola dan kebijakan.

 

Pentingnya Digital Leadership Untuk Pemimpin Daerah 2
Pentingnya Digital Leadership Untuk Pemimpin Daerah 3
Pentingnya Digital Leadership Untuk Pemimpin Daerah 4

 

“Index SPBE tertinggi jika mengacu pada Perpres No.95 tahun 2018 berada dilevel 5. Pada level ini seluruh tata kebijakan, tata kelola manajemen dan penyelenggaraan sudah berjalan optimal, terukur dan terintegrasi digital secara keseluruhan” Andi Yuniantoro, Direktur PT. Inixindo Widya Iswara Nusantara (Inixindo Jogja) dalam RAKORTEK DISKOMINFO Provinsi Jateng di Surakarta.

Untuk mengetahui seberapa digital Pemerintah Kabupaten/Kota, Andi dalam kegiatan ini mengajak peserta yakni Diskominfo seluruh Provinsi Jawa Tengah untuk ikut serta mengisi voting secara online sehingga dari hasil tersebut dapat diketahui peran TIK di Pemerintahan tersebut akan menjadi support, enabler, atau driver.

(Ditulis oleh : Alisa Martiyana)

WhatsApp Chat via Whatsapp