Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan berkembangnya industri berbasis teknologi digital, informasi, dan komunikasi. Semakin banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin atau robot. Namun semakin banyak pula pekerjaan-pekerjaan baru yang memiliki peluang yang lebih tinggi eksis. Beberapa profesi profesi ini bahkan tidak ada pada 20 tahun yang lalu tetapi sangat dibutuhkan pada era sekarang.

Software Developer/App Developer

Profesi Yang Paling Banyak Dibutuhkan di Industri 4.0 1

Pekerjaan ini sedang banyak permintaan karena industri mau tidak mau harus menyesuaikan dengan dunia digital. Hampir semua perusahaan dituntut untuk melakukan transformasi digital dari pemerintahan hingga warung UMKM sekarang sudah memakai aplikasi untuk efisiensi proses bisnis mereka. Untuk menjadi software atau app developer, kamu wajib menguasai bahasa pemrograman. Ada banyak pilihan bahasa pemrograman, yang saat ini menjadi banyak kebutuhan industri adalah Web Programming, Desktop Programming dan Mobile Programming.

Data Scientist atau Data Analyst

Profesi Yang Paling Banyak Dibutuhkan di Industri 4.0 2

Dalam industri digital, data menjadi hal yang sangat penting untuk mengembangkan perusahaan. Kita butuh data personal, demografi, hingga mencari tahu apa yang konsumen sukai. Semua ini dicari dan diolah oleh para Data Scientist dalam perusahaan kemudian kebiasaan konsumen dianalisis lewat kerja Data Analyst

Social Media Specialist

Profesi Yang Paling Banyak Dibutuhkan di Industri 4.0 3

Pekerjaannya berkisar dari konten, menciptakan identitas brand, mempromosikan event, dan juga meningkatkan traffic web serta media sosial perusahaan. Terkadang, Social Media Specialist juga merangkap menjadi admin media sosial dan harus berinteraksi dengan netizen.

UI/UX Designer

Profesi Yang Paling Banyak Dibutuhkan di Industri 4.0 4

User Interface dan User Experience atau disingkat menjadi UI/UX. Keduanya berhubungan dengan tampilan dalam sebuah situs atau aplikasi. Mereka merancang desain website atau aplikasi agar nyaman di mata pengguna dan memberi pengalaman penggunaan yang baik. UI dan UX bukan hanya membuat nyaman pengguna menggunakan aplikasi tetapi juga menuntun pengguna agar dapat menggunakan aplikasi atau web sesuai dengan keinginan perusahaan.

Content Creator

Profesi Yang Paling Banyak Dibutuhkan di Industri 4.0 5

Perkembangan digital membuat kita bisa mengakses berbagai konten tak terbatas setiap saat. Berbeda dengan dahulu saat kita hanya disuguhi oleh konten yang itu–itu saja, saat ini konten-konten yang ada di internet saat bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Konten-konten yang kamu dapatkan itu, merupakan hasil tangan para Content Creator. Perusahaan sangat membutuhkan content creator karena untuk¬† menyampaikan pesan ke customer mereka menggunakan banyak medium dan channel.

WhatsApp Chat via Whatsapp