Apakah Anda masih kerap dihadapkan dengan risiko bisnis yang sangat tinggi? Jika iya, maka bisa jadi Anda belum melakukan transformasi digital. Atau mungkin, transformasi digital yang sudah Anda lakukan belum optimal.

Istilah transformasi digital sebenarnya bukan hal baru, terutama di dunia bisnis. Banyak yang sukses melakukan transformasi digital, akhirnya punya pangsa pasar dan profit jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Transformasi digital jadi salah satu dari tiga penggerak utama pendapatan bisnis di masa depan pada seluruh bidang industri dan perusahaan.

Tapi, apakah Anda sudah benar-benar siap untuk menghadapi transformasi digital? Sebab, ada beberapa strategi untuk menghadapi transformasi digital yang harus Anda ketahui.

1. Buat rencana digital yang komprehensif

Anda ingin sukses menghadapi transformasi digital? Sangat perlu membuat rencana digital yang rinci dan komprehensif.

Rencana tersebut termasuk apa tujuan akhir yang ingin Anda capai, target jangka panjang atau pendek, dan matriks yang digunakan untuk mengukur efektivitas strategi digital yang dijalankan.

Semua aspek perencanaan tersebut harus berjalan beriringan dengan aspek lain dari organisasi tersebut. Perencaanan yang matang juga membantu organisasi Anda tetap di jalur yang tepat sepanjang perjalanan digital mereka.

2. Pakai teknologi yang tepat dan sesuai kebutuhan

Kemudian, Anda juga bisa menerapkan salah satu strategi, yaitu dengan menggunakan teknologi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan mencegah Anda dari kerugian karena teknologi yang tidak tepat guna.

3. Komunikasi pengambil keputusan dengan pelaku dunia digital

Anda juga perlu membangun komunikasi antara pengambil keputusan dengan pelaku dunia digital dalam organisasi yang sama. Komunikasi yang dimaksud bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dengan kerjasama untuk mengembangkan strategi risiko, bahkan bisa memberi laporan berkala mengenai risiko dari tiap strategi digital yang akan diambil.

4. Manfaatkan data real time

Teknologi digital bisa membantu Anda mendapatkan data secara real time. Data tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengambil keputusan lebih tepat, tentunya berdasar hasil asesmen terhadap dampak yang bisa saja terjadi, risiko yang dihadapi, dan waktu paling tepat untuk eksekusi keputusan tersebut.

5. Gunakan matriks risiko yang sesuai

Mengingat aksi atau strategi digital yang diterapkan dalam sebuah organisasi punya risikonya masing-masing, tidak heran jika penggunaan matriks risiko jadi sesuatu yang penting.

Saat Anda memahami risiko yang ada, maka bisa membantu Anda jadi lebih proaktif dalam mengambil tindakan pencegahan atau penanggulangan risiko yang akan Anda dihadapi.

6. Rekrut SDM yang tepat

Untuk mengimbangi perkembangan dunia digital yang cepat, Anda butuh SDM dengan skill dan kemampuan yang tepat.

Sebagai contoh, jika Anda merekrut SDM yang menguasai AI atau kecerdasan buatan, kemampuan dalam hal programming robotic, atau kemampuan teknis lain seperti pengembangan model analitik, bisa membantu organisasi Anda supaya tidak ketinggalan dari aspek digital.

Tapi, kalau Anda ingin tahu lebih dalam lagi mengenai cara-cara untuk menghadapi transformasi digital, Anda bisa klik tombol di bawah ini dan ikuti webinar gratis untuk mengembangkan kemampuan Anda di bidang IT. Pastinya sebagai modal penting dalam menghadapi transformasi digital.

Mau dapat diskon 10%? Gunakan kode voucher di bawah ini:

WSPKARIR

(berlaku hingga 15 April 2021)

 

ajax-loader
× Butuh bantuan?