Tantangan Live Coding Di Workshop “Kabar Telegram Untuk Si Dia”

Apr 2, 2018 |

Pada hari Kamis tanggal 29 Maret 2018 kemarin, Inixindo Jogja mengadakan workshop yang bertemakan “Pemanfaatan Telegram API Untuk Proses Bisnis Helpdesk.” Acara workshop ini dimulai pada pukul 13.00 WIB di Eduparx, sebuah community space yang berada di dalam kantor Inixindo Jogja.

Antusiasme peserta tampak ketika mereka datang lebih awal dari dimulainya acara. Acara dibuka oleh Marketing Communication dari Inixindo Jogja, Wilda Ayu Mandasari yang juga memberikan informasi tentang community space Eduparx yang dapat digunakan oleh para IT Professional untuk saling sharing ilmu.

Acara workshop pun dimulai, Bondan Dwi Nugraha selaku fasilitator workshop menjelaskan bagaimana tren automasi berkembang di era ini. Sebuah helpdesk pun tidak bisa lepas dari tren automasi tersebut. Dalam workshop ini, fasilitator memakai Telegram Bot API yang digunakan untuk kepentingan helpdesk proses bisnis. Setelah menjelaskan panjang lebar, akhirnya Bondan mengajak peserta untuk langsung turun tangan membuat sendiri Bot Telegram dan memrogramnya untuk keperluan helpdesk.

Workshop ini dihadiri oleh 14 orang peserta. Di antara mereka ada yang sudah paham bagaimana menggunakan sebuah bot untuk helpdesk dan penasaran dengan pengaplikasian bot di Telegram yang merupakan chat platform dengan 200 juta pengguna di seluruh dunia. Sempat ada kendala di mana koneksi internet dari ISP (internet service provider) yang digunakan Inixindo agak terputus-putus  ketika peserta mengunduh aplikasi Telegram secara bersamaan. Akan tetapi, hal ni tidak berlangsung lama dan akhirnya peserta dapat mengikuti workshop dengan nyaman.

Chat via Whatsapp