Era digital bukan lagi pembahasan baru di Indonesia. Bahkan, pemerintah sangat merespon dengan cepat perihal digitalisasi tersebut, salah satunya pada industri perbankan.

Ini terlihat dengan semakin masifnya Digitalisasi Perbankan yang terjadi akhir-akhir ini. Meski demikian, digitalisasi perbankan di Indonesia masih menghadapi banyak tantangan.

Dilansir dari IDX Channel, Pengamat Tren Telekomunikasi Moch S Hendrowijono mengatakan, setidaknya ada tiga tantangan dalam digitalisasi perbankan di Indonesia, antara lain:

1. Sumber Daya Manusia

Digitalisasi menyebabkan efisiensi di perbankan, dan bisa mengurangi SDM yang dipekerjakan. Ini karena makin sedikit kantor cabang yang dibangun atau dibutuhkan.

Ditambah, dengan bank data yang kuat dan sistem digitalisasi yang didukung unsur telekomunikasi makin canggih, orang bisa melakukan transaksi dengan jumlah tanpa batas.

2. Infrastruktur Telekomunikasi Tidak Memadai

Selanjutnya, masalah pada infrastruktur telekomunikasi tidak memadai juga menjadi tantangan bagi digitalisasi perbankan.

Keuangan adalah hal yang sangat sensitif, sehingga infrastruktur telekomunikasi harus segera dibenahi.

Bank data membutuhkan jaringan telekomunikasi yang kuat dan berkapasitas besar serta aman. Ini tidak bisa dipenuhi jika kemampuan operator telko masih berkutat di layanan 2G, 3G, atau 4G LTE.

Di sisi lain, layanan berteknologi 5G masih belum aman untuk transaksi sensitif seperti perbankan.

Sebab, generasi-generasi telko tersebut masih bisa dibobol.

Selain masalah kekuatan jaringan, infrastruktur telekomunikasi tersebut harus merata ke seluruh Nusantara.

Saat ini saja dari 83.218 desa di seluruh Tanah Air, ada 22.548 desa yang belum terlayani oleh telko. Jangankan 4G, layanan generasi pertama saja mereka belum punya.

3. Perlindungan Data Pribadi Belum Dijamin UU

Selanjutnya, tantangan ketiga adalah perlindungan data pribadi yang belum dijamin undang-undang. Hal ini bisa memengaruhi kepercayaan konsumen pada bank digital.

Kendala-kendala tadi yang harus mulai dipikirkan dan diselesaikan pemerintah.

Tertarik Belajar IT Management Lebih Lanjut?

Jika Anda tertarik belajar IT Management lebih dalam lagi, Anda bisa mengikuti workshop.

Dalam workshop tersebut, Anda akan didampingi instruktur yang akan membantu pembelajaran dan penerapan topik tersebut.

Caranya dengan klik tombol di bawah ini:

 

 

Anda juga bisa mengikuti webinar gratis untuk membantu pengembangan karir IT.

Akan dihadirkan narasumber-narasumber yang ahli di bidangnya, sehingga memudahkan Anda mendapat jawaban dari masalah yang dihadapi.

Jadi, langsung saja klik tombol berikut:

 

 

Supaya tidak kelewatan informasi mengenai artikel terbaru dari kami, Anda dapat berlangganan dengan mengisi data pada form berikut ini:

 

ajax-loader
× Butuh bantuan?