[Workshop] : “Membuat Single Page App Dengan React JS”

Metode pengembangan aplikasi berbasis web kini telah berubah. Pengembangan aplikasi berbasis web dipisah kedalam dua bagian yaitu pengembangan pada sisi front-end, dan pengembangan aplikasi dari sisi back-end. Kompleksitas aplikasi pula yang akhirnya memaksa para pengembang untuk membagi tugas pengembangan aplikasi menjadi dua. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi web yang telah mencakup berbagai macam platform. Aplikasi web pada saat ini tidak hanya melayani client berupa browser, tetapi juga dituntut untuk bisa melayani berbagai platform seperti mobile app, ataupun aplikasi web lainya. Dengan adanya web service hal ini bukanlah menjadi subuah kendala lagi.

Pada pengembangan aplikasi web, front end developer bertugas untuk memenuhi tuntutan pengguna, karena front end bertanggung jawab untuk membuat UI (User Interface). Tantangan front end developer saat ini tidak sebatas User Interface (UI) saja, tetapi ditambah satu tuntutan lagi yaitu UX (User Experience). User experience inilah yang akhirnya melahirkan sebuah trend baru dalam pengembangan aplikasi web.

Pengembangan aplikasi web yang tadinya synchronous, kini sudah tidak di mininati lagi karena sudah tidak bisa mengikuti tuntutan zaman. Trend yang berjalan adalah Asynchronous process, dimana
halaman hanya di load diawal secara keseluruhan, kemudian untuk interaksi selanjutnya dilakukan secara Asynchronous melalui xhr atau lebih dikenal dengan istilah AJAX. Practically pengembangan web pada saat ini hanya membutuhkan single page sebagai inisiasi. Maka muncul lah sebutan baru yaitu
Single Page Application (SPA).

Ada beberapa framework untuk front end untuk membangun Single Page Application, React,Vue, dan Angular. Semua framework tersebut opensource dengan keunggulan dan kelemahan masing masing. Salah satu cara memilih product open source yang akan kita gunakan hal yang perlu dipertimbangkan adalah komunitas. Berdasarkan data yang dimiliki oleh NPM React JS merupakan framework yang paling banyak diunduh.

 

Waktu dan Pelaksanaan Event

Waktu     : Kamis, 7 Juni 2018

Tempat    : Inixindo Jogja, Jalan Kenari No.69 Yogyakarta

Biaya       : Gratis*

*slot terbatas

 

Poster

Chat via Whatsapp