Pernahkah kamu bayangkan, kegiatan sehari-harimu seperti mencuci, membersihkan piring, atau bahkan kegiatan mengemudi, sudah tidak membutuhkan tenaga manusia?

Dan tahukah kamu, hampir setiap hari hidupmu saat ini sudah dikelilingi oleh kehadiran dari kecerdasan buatan salah satunya yaitu machine learning?

Bahkan bisa dibilang, jika fungsi machine learning sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari manusia.

Adanya machine learning bisa memudahkan pekerjaanmu. Bahkan di bidang kedokteran, fungsi machine learning bisa membantu diagnosis dari sebuah penyakit.

Penasaran apa saja fungsi machine learning? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Hasil Pencarian Search Engine

Google, Bing, atau Yandex sejak dahulu menerapkan machine learning untuk merangking laman suatu website.

Sebagai contoh, saat kamu mengetik suatu kata, maka search engine akan menampilkan hasil yang paling mendekati kata kunci tersebut.

Kemudian, jika memang kamu memilih suatu halaman, dan menghabiskan banyak waktu pada halaman tersebut, maka search engine akan mendeteksi jika halaman tersebut sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan.

Sama halnya saat kamu melihat halaman pencarian berikutnya, seperti halaman 2, 3, dan seterusnya. Search engine akan mendeteksi error hasil pencarian dengan kata kunci.

Fungsi dari machine learning akan menganalisis agar didapat hasil pencarian yang dinamis dan lebih berkualitas.

2. Rekomendasi Produk Marketplace

Kamu pasti pernah menggunakan Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Untuk meningkatkan pengalaman saat berselancar di marketplace, biasanya akan ditampilkan rekomendasi produk sesuai minatmu.

Agar hal tersebut bisa dilakukan secara otomatis dan real time, penggunaan machine learning sangat berperan penting, khususnya agar rekomendasi produk tiap pembeli di masing-masing akun lebih akurat.

3. Rekomendasi Teman

Penggunaan machine learning juga bisa kamu lihat saat menggunakan media sosial. Biasanya, ada rekomendasi teman di media sosial milikmu.

Media sosial seperti mengumpulkan info pengguna dari informasi umum seperti tempat tinggal, alamat sekolah, alamat kerja, kesukaan, log aktivitas seperti data percakapan, posting, serta profil yang sering kamu lihat. Sehingga bisa dilakukan rekomendasi teman yang mungkin sama di dunia nyata.

4. Mengenali Wajah

Di media sosial seperti Facebook atau Instagram, kamu bisa melihat suatu gambar yang diunggah memuat wajah orang-orang. Kemudian kamu bisa tag wajah yang ada di gambar.

Seiring waktu, media sosial sudah bisa mengenali wajah-wajah penggunanya. Hal ini memungkinkan media sosial seperti Facebook dan Instagram melakukan tag secara otomatis pada wajah orang-orang di gambar yang baru diunggah.

5. Menentukan Konten Iklan Digital

Google Adword menampilkan iklan pada situs web yang jadi publisher di Google Adsense. Iklan yang ditampilkan adalah iklan dinamis atau berubah-ubah.

Machine learning dalam Google Adword mengumpulkan data situs berdasar topik. Kemudian, menampilkan iklan-iklan yang relevan dengan topik tersebut.

Google Adword juga menggunakan cookies, sebagai referensi aktivitas pengunjung suatu website terkait situs-situs yang dikunjungi sebelumnya.

Adword melakukan akumulasi terhadap dua faktor tersebut, sehingga bisa ditampilkan iklan yang sesuai dengan pengunjung website.

6. Asisten Pribadi Virtual

Gadget yang kamu gunakan saat ini telah dilengkapi dengan asisten pribadi virtual, baik laptop atau smartphone. Beberapa yang mungkin kamu kenal dan gunakan seperti Cortana di Microsoft Windows, Siri di Iphone, dan Google Now di Android.

Adanya asisten virtual bisa membantumu untuk melakukan pencarian di internet, menanyakan jalan, cuaca, melakukan panggilan telepon, bahkan membuka aplikasi. Di Windows, cortana bahkan mempelajari penggunanya untuk memberikan rekomendasi perintah yang akan dilakukan.

7. Menyaring Pesan Spam

Kemudian, machine learning punya andil yang sangat besar untuk menyaring spam baik di e-mail, website, atau media komunikasi berbasis software lainnya.

8. Online Fraud Detection

Online fraud detection memanfaatkan machine learning untuk melakukan perlindungan (cybersecurity) terhadap pencucian uang, mendeteksi transaksi palsu, bahkan mendeteksi pembobolan akun bank digital.

9. Videos Surveillance

Penggunaan machine learning, mulai digunakan pada videos surveillance. Ini merupakan teknologi baru yang disematkan pada CCTV untuk mendeteksi tindak kejahatan atau kecelakaan.

Bahkan di negara-negara maju, CCTV sudah digunakan untuk melakukan pencarian penjahat yang masih buron.

10. Diagnosa Medis

Salah satu pemanfaatan machine learning sudah digunakan di Inggris. Machine learning membantu diagnosa medis menggunakan bantuan chatbot.

Chatbot tersebut bernama Babylon Health dan dilengkapi dengan speech recognition untuk mempermudah berbicara dengan penggunanya.

11. Mobil Kendali Otomatis

Mobil kendali otomatis adalah penerapan machine learning yang sangat kompleks dan birisiko tinggi. Sebab, ada banyak hal yang harus dipelajari oleh mobil, mulai dari rambu-rambu lalulintas, arah dan tujuan, kondisi jalan, traffic light, kondisi manusia sekitar, dan sensor lain yang terintegrasi.

Siap Menerima Kehadiran Machine Learning?

Pada akhirnya penggunaan berbagai teknologi, salah satunya machine learning, tujuannya untuk memudahkan kehidupan umat manusia sehari-hari.

Dan dengan banyaknya penerapan machine learning di berbagai sektor, kamu harusnya bisa memanfaatkan kehadiran machine learning tersebut dengan tepat.

Apabila kamu mau belajar lebih dalam lagi dan bertanya dengan instruktur kami, ikuti workshop yang sesuai dengan kebutuhanmu klik link dibawah ini:

 

 

Selain itu, jangan ketinggalan informasi seputar webinar gratis dari kami agar kamu dapat berdiskusi dengan narasumber kami saat webinar dengan klik link dibawah ini:

 

ajax-loader
× Butuh bantuan?