Bisakah kamu bayangkan, akan semaju apa bisnismu di masa depan? Atau tidak perlu jauh-jauh dahulu, bisakah kamu lihat bagaimana sistem dalam bisnismu secara keseluruhan beroperasi?

Padahal, seiring dengan perkembangan zaman, bisnis yang kamu jalankan haruslah memiliki visibilitas yang lebih baik secara menyeluruh, khususnya pada infrastruktur IT.

Mengapa visibilitas pada infrastruktur IT menjadi hal yang sangat krusial? Ini tidak lepas dari potensi eror pada sistem dalam operasional bisnismu, atau bahkan risiko serangan orang tidak bertanggung jawab yang bisa merugikanmu.

Tidak sekadar meningkatkan keamanan, jika kamu punya visibilitas yang baik pada bisnismu, akan sangat berguna untuk membantu deteksi lebih dini potensi eror atau bug yang besar kemungkinannya terjadi pada infrastruktur IT dalam operasional bisnismu.

Solusi agar kamu bisa mendapatkan visibilitas yang lebih baik pada bisnismu, bisa dengan implementasi log management.

Salah satu solusi log management yang bisa kamu gunakan adalah ELK Stack. Sebuah solusi berbasis opensource yang bisa mencatat log dari seluruh perangkat yang terdapat di infrastruktur IT secara real-time.

ELK sendiri sebenarnya singkatan dari ElasticSearch, Logstash, dan Kibana. Di mana dalam ELK Stack terdiri dari empat komponen, antara lain:

1. Beats

Beats merupakan shipping agent yang memiliki fungsi untuk mengirimkan data log ke dalam Logstash.

2. Elasticsearch

Elasticsearch adalah mesin pencari open source dibawah Apache Licence, dan ditulis dengan bahasa pemrograman Java.

Elasticsearch menyediakan mesin pencari teks yang terdistribusi dan multitenant dengan antarmuka web Dasbor HTTP (Kibana). Selanjutnya, data akan ditampilkan, diambil, dan disimpan dengan format JSON.

Elasticsearch bisa dibilang adalah mesin pencari terukur yang bisa kamu gunakan untuk mencari semua jenis dokumen teks, termasuk file log. Elasticsearch juga menjadi jantung dari ELK Stack.

3. Logstash

Logstash adalah tool open source yang berfungsi untuk mengelola aktivitas dan log. Logstash menyediakan pipelining real-time yang dapat mengumpulkan data.

Logstash bisa mengumpulkan data log Server, mengubah data menjadi dokumen JSON, dan kemudian bisa menyimpannya di Elasticsearch.

4. Kibana

Sedangkan Kibana adalah alat visualisasi data open source untuk Elasticsearch. Dalam Kibana tersedia antarmuka web dasbor yang indah.

Kibana bisa kamu gunakan untuk mengelola serta memvisualisasikan data dari Elasticsearch. Namun, yang paling penting Kibana juga tidak hanya indah, akan tetapi kibana juga memiliki performa yang sangat baik.

Cara Kerja Komponen ELK Stack

Selanjutnya, seluruh komponen di atas dapat saling bekerjasama untuk memonitor dan mengamankan infrastruktur IT yang ada di bisnismu secara real-time.

Bila kamu mau belajar lebih dalam lagi dan bertanya dengan instruktur kami, ikuti workshop sesuai kebutuhanmu dengan klik tombol di bawah ini:

 

 

Jangan ketinggalan informasi seputar webinar gratis dari kami, agar kamu dapat berdiskusi dengan narasumber kami saat webinar dengan klik link di bawah ini:

 

ajax-loader
× Butuh bantuan?