Anda Harus Tahu! Ini Alasan Sertifikasi CHFI Makin Dibutuhkan Perusahaan

22 Jul 2021 | Blog, Article, Featured

Sertifikasi CHFI semakin dibutuhkan, salah satunya didorong adanya peningkatan kasus serangan siber yang merugikan perusahaan.

Apalagi, saat ini hampir seluruh proses bisnis sebuah perusahaan banyak dilakukan melalui web. Jadi tidak heran, apabila sertifikasi CHFI dibutuhkan sebagai persiapan dari serangan-serangan siber tersebut.

Sudah pasti, perusahaan perlu memahami dengan baik, bahwa sangat penting untuk melindungi informasi dan data yang mereka miliki.

Informasi dan data tersebut, merupakan kumpulan strategi bisnis dan informasi klien yang sangat penting bagi pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

Tidak heran, apabila data sendiri bisa dibilang sangat-sangat rahasia dan berbahaya apabila sampai bocor ke pihak lain, apalagi kompetitor.

Dengan adanya ancaman karena serangan siber, menjadi peluang besar bagi Anda yang berkecimpung di dunia cyber security, untuk memiliki sertifikasi CHFI agar karir semakin meningkat.

Apa yang membuat sertifikasi CHFI berbeda?

Anda perlu sadar, bahwa para peretas merupakan orang-orang dengan pengetahuan sangat baik, terutama pada bidang teknologi.

Itulah mengapa, agar sebuah perusahaan terhindar dari kejahatan dunia maya ini, sebuah perusahaan perlu merekrut profesional yang terampil, salah satunya yang memiliki sertifikasi CHFI.

Para profesional tersebut, hendaknya memiliki kepekaan terhadap serangan siber dengan baik.

Selain itu, hendaknya mereka juga mampu memberi sebuah “pagar” yang mengamankan data dan informasi sebuah perusahaan.

Pemilik sertifikasi CHFI (Computer Hacking Forensic Investigators) merupakan profesional keamanan di bidang IT, dengan ketrampilan yang tidak hanya sebatas peka terhadap serangan dunia maya, pemilik sertifikasi CHFI juga dapat menemukan sebuah bukti digital.

Lantas apa fungsi bukti digital tersebut? Seperti yang kita tahu, bukti digital biasanya sangatlah kompleks. Bukti-bukti tersebut akan sangat berguna untuk mengidentifikasi dan menuntut para kriminal di dunia maya.

Perusahaan di seluruh dunia, terlepas dari besar kecilnya mereka, biasanya mencari ahli IT dengan sertifikasi CHFI.

Para pemilik sertifikasi CHFI ini umumnya direkrut oleh perusahaan untuk bertanggung jawab dalam beberapa hal, antara lain:

  • Merekonstruksi jaringan yang diretas dan menemukan buktinya.
  • Memeriksa dan memulihkan bukti atau informasi dari peralatan digital yang digunakan.
  • Menyiapkan laporan tentang bukti yang dikumpulkan.
  • Merekonstruksi bagian-bagian file.
  • Bersaksi tentang bukti yang dikumpulkan, dan metode pengumpulan bukti tersebut di pengadilan.

Adanya bukti elektronik, sangat penting bagi perusahaan dalam situasi seperti pelanggaran kontrak, pembobolan komputer, karyawan yang tidak setia, selisih karena ada pemecatan, pencurian dokumen perusahaan, mata-mata industri, penipuan email, perusakan halaman web, kebangkrutan, dan lain sebagainya.

Itulah mengapa dengan adanya bukti, bisa menjadi contoh dalam membuktikan adanya penyalahgunaan komputer.

Para pemilik sertifikasi CHFI sendiri, biasanya dikenal karena keahlian mereka dalam praktik peretasan di berbagai bidang, seperti mencari jejak, pembajakan, pengintaian, peretasan server web, pemindaian jaringan, peretasan sistem, Trojan, sniffer, worm dan virus, serta lain sebagainya.

Sertifikasi CHFI juga akan membantu kandidat untuk belajar, mengenai alat dan prosedur pengujian penetrasi CHFI EC-Council serta teknik penyelidikan komputer menggunakan teknologi forensik digital terbaru.

Mengapa Anda harus mengikuti sertifikasi CHFI?

Sebagai seorang profesional di cyber security, Anda mungkin berpikir bahwa CHFI mungkin bisa dipelajari cukup dengan pengalaman langsung.

Lantas, mengapa Anda perlu sertifikasi CHFI tersebut? Anda perlu ingat, bahwa sertifikasi CHFI akan menjadi bukti dari keahlian dan pengetahuan Anda.

Saat ini, perusahaan lebih memilih profesional yang memiliki sertifikasi. Selain itu, apabila Anda mengikuti sertifikasi CHFI, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan Anda yang tentu saja tidak mungkin dilakukan sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa mendapat banyak sekali peluang apabila memiliki sertifikasi CHFI.

Sebab, tidak ada industri di seluruh dunia yang tidak berada di bawah ancaman serangan siber.

Maka dari itu, apabila Anda memiliki sertifikasi CHFI, ada peluang bagi Anda untuk bekerja tidak hanya di perusahaan keamanan IT, namun bisa juga direkrut lembaga penegak hukum, sektor pertahanan dan militer, firma hukum, perbankan, bahkan perusahaan asuransi.

Sebagai profesional dengan sertifikasi CHFI, Anda juga bisa mendapatkan gaji awal sekitar USD85.000 bahkan berpotensi naik hingga USD120.000.

Ada beberapa peran yang tersedia untuk para profesional dengan sertifikasi CHFI, antara lain:

  • Analis Forensik Komputer.
  • Analis Keamanan Informasi.
  • Analis Malware.
  • Spesialis Keamanan Jaringan.
  • Administrator Keamanan.
  • Penetration Tester.
  • IT Auditor.
  • Dan lain-lain.

Apabila Anda telah resmi memiliki sertifikasi CHFI (Computer Hacking Forensic Investigators), maka sudah pasti Anda akan menjadi aset berharga untuk semua perusahaan.

Dengan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapat dari memiliki sertifikasi CHFI, jadi apalagi yang Anda tunggu? Segera sertifikasi CHFI sekarang juga dan dapatkan manfaatnya.

Contact

Phone

0274 515448

Email

marketing@inixindojogja.co.id

Address

Jalan Kenari 69 Yogyakarta

ajax-loader
× Butuh bantuan?