Sudahkah menerapkan transformasi digital dalam bisnis Anda? Pentingkah transformasi digital? Seberapa efektif dampak dari transformasi digital itu sendiri bagi bisnis Anda?

Dilansir dari Antaranews.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan jika perkembangan teknologi dan transformasi digital mampu mendorong perekonomian Indonesia.

Bahkan, saat ini transformasi digital juga bisa memberi peluang bagi bisnis Anda khususnya, agar dapat bertahan dari gempuran pandemi Corona Covid-19 yang menyebabkan krisis di berbagai sektor.

Praktik nyatanya, terlihat dari proses bisnis yang mulai dilakukan melalui platform-platform digital.

Jadi tidak heran, apabila Menteri Keuangan Sri Mulyani menekankan para pemilik bisnis seperti Anda untuk merespon transformasi digital tersebut.

Perlunya Persiapan dari Sisi SDM

Mengingat banyaknya manfaat transformasi digital dari sisi ekonomi, masih diperlukan persiapan untuk mengembangkan SDM dalam menghadapi transformasi digital tersebut.

Hal ini sebagai respon dari berbagai isu. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta transformasi digital harus diikuti dengan peningkatan kemampuan anak bangsa dalam teknologi informatika.

“Kita harus memastikan transformasi digital jangan hanya menguntungkan pihak luar, jangan hanya menambah impor, ini yang selalu saya tekankan. Kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital kita,” jelas Presiden Jokowi seperti dikutip dari Antara saat meluncurkan program konektivitas digital 2021 dan prangko seri gerakan vaksinasi nasional COVID-19 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2).

Kenapa Perlu Pengembangan SDM untuk Hadapi Transformasi Digital?

Presiden mendorong peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam transformasi digital.

Beliau ingin memastikan, jika Indonesia tidak hanya menjadi korban dari praktik yang tidak adil dalam industri digital dunia. Sebab, tranformasi digital adalah win-win solution bagi semua pihak.

Selain itu Presiden juga berharap, jika transformasi digital bisa menciptakan konektivitas yang menghubungkan Indonesia dengan teknologi dan pola pikir baru untuk membangkitkan Indonesia.

Di sisi lain, Rudy Salahuddin, Deputi IV Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Ekonomi menyebutkan, sejumlah program prioritas sudah disiapkan, seperti pertumbuhan e-commerce, industri kreatif, keuangan inklusif, UMKM Go Digital, dan penguatan perusahaan pemula (startup).

Tapi, sejalan dengan pernyataan Presiden, ada sejumlah tantangan yang harus diselesaikan dengan sinergi berbagai pihak, seperti ratanya akses internet kecepatan tinggi dan literasi teknologi informasi serta komunikasi, tujuannya agar cerdas memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan.

Harus Mulai dari Mana?

Sebenarnya Anda tidak perlu bingung harus mulai dari mana, khususnya dalam mempersiapkan SDM untuk menghadapi transformasi digital, salah satunya Anda bisa mengikuti workshop.

Bila Anda mau belajar lebih dalam lagi dan bertanya dengan instruktur kami, ikuti workshop sesuai kebutuhan Anda dengan klik tombol di bawah ini:

 

 

Dan jangan ketinggalan informasi seputar webinar gratis dari kami, agar Anda dapat berdiskusi dengan narasumber kami saat webinar dengan klik link di bawah ini:

 

ajax-loader
× Butuh bantuan?