Kebutuhan akan sumberdaya manusia (SDM) khususnya di bidang IT agar mampu bersaing di era digital, sangat diperlukan demi menunjang banyak hal. Salah satunya untuk mempercepat kemajuan berbagai industri dalam negeri.

Namun, dalam praktik pengembangan SDM di bidang IT tersebut, masih ditemui banyak hambatan yang harus dilalui.

Hambatan tersebut seperti motivasi belajar peserta yang rendah, daya serap/kognitif yang rendah, blur antara waktu kerja dan waktu belajar, hingga tidak terukur capaian learning outcomes-nya. Tentu hal ini menjadi isu yang cukup serius dan diperlukan solusi tepat.

Menanggapi hambatan yang kerap dihadapi dalam proses pengembangan SDM di bidang IT tersebut, Inixindo Jogja meluncurkan platform belajar EduparX.

EduparX merupakan inovasi terbaru dari Inixindo Jogja, merupakan lembaga pengembangan SDM bidang IT terbesar di Indonesia dengan pengalaman puluhan tahun.

Dengan hadirnya platform belajar EduparX ini, diharapkan mereka yang memiliki minat di bidang IT dapat belajar tidak terbatas ruang dan waktu.

Hadirnya platform belajar EduparX juga menjadi langkah adaptif Inixindo Jogja dalam menghadapi perubahan zaman ke era serba digital.

Selain itu, ditambah dengan adanya pandemi Corona Covid-19 yang menyerang seluruh dunia, proses belajar secara tatap muka pastinya jadi terhambat.

Dengan kehadiran platform belajar EduparX, diharapkan seluruh proses belajar-mengajar bisa dilakukan secara lebih mudah, tanpa dihantui rasa takut akan risiko kesehatan.

Fitur-fitur dalam Platform Belajar EduparX

Terdapat banyak fitur menarik yang ditawarkan dalam platform belajar EduparX. Berbagai fitur EduparX tersebut antara lain:

Webinar

Fitur pertama yang ada di platform belajar EduparX adalah fitur webinar. Fitur ini menyajikan webinar rutin dengan topik beragam dari berbagai disiplin ilmu IT. Mulai dari cyber security, programming, IT management, cloud, dan berbagai topik menarik lainnya.

Workshop

Apabila menyukai sebuah topik yang ada di webinar dan ingin belajar lebih dalam lagi, maka user bisa memanfaatkan fitur workshop dalam platform belajar EduparX.

Fitur workshop yang ada di platform belajar EduparX ini, akan membahas sebuah topik secara lebih dalam dan praktikal apabila dibandingkan dengan webinar. Tentunya, dengan pendampingan dari instruktur yang ahli di bidangnya.

Micro Learning

Fitur EduparX selanjutnya adalah fitur micro learning. Fitur dalam platform belajar EduparX ini sangat membantu dalam belajar, karena di dalamnya terdapat materi yang interaktif sekaligus bisa mengevaluasi pembelajaran.

Assessment

Tidak sampai situ saja, di dalam platform belajar EduparX, user juga bisa melakukan asesmen. Fitur asesmen yang ada di EduparX ini, akan sangat membantu jika ingin mengetahui tingkat kemampuan mengenai job role yang sedang dijalankan.

Fitur asesmen di platform belajar EduparX ini juga berguna bagi divisi SDM jika ingin melakukan asesmen pada tim IT perusahaannya.

Training

Platform belajar EduparX juga menyediakan training yang bisa diakses langsung menggunakan akun EduparX. Sehingga, seluruh riwayat training bisa dilihat melalui fitur ini.

Sertifikasi

Kemudian, fitur yang paling menarik di dalam platform belajar EduparX adalah fitur sertifikasi. Dengan adanya sertifikasi ini, akan menjadi bukti bahwa kemampuan peserta pelatihan di platform belajar EduparX sudah terverifikasi.

Selain itu, dengan adanya sertifikasi ini bisa menjadi modal penting dalam dunia pekerjaan. Sebab, sertifikasi akan meningkatkan kepercayaan sebuah perusahaan terhadap calon karyawan.

Apa manfaat belajar melalui platform belajar EduparX?

Melalui situs eduparx.inixindojogja.co.id, user bisa mengakses berbagai fitur yang akan menunjang proses pembelajaran. Sehingga diharapkan, proses pengembangan SDM di bidang IT bisa berjalan lebih efektif.

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan platform belajar EduparX tersebut, antara lain:

1. Pembelajaran yang mudah, murah, sehingga lebih cepat bisa atau mampu dalam melakukan sesuatu.

2. Pembelajaran yang menyenangkan, sehingga peserta bisa termotivasi untuk belajar.

3. Pembelajaran yang bisa di mana saja dan kapan saja.

4. Pembelajaran yang menarik dengan multimedia.

5. Pembelajaran yang terukur melalui asesmen, dengan report, portofolio berbasis SCROM.

6. Terdapat question box, dan bisa digunakan para peserta untuk berkolaborasi. Sehingga para peserta bisa berdiskusi dan mencari jawaban mengenai topik tertentu di dalam question box tersebut.

7. Bagi korporasi, terdapat dashboard report yang menunjukkan hasil pelatihan yang telah dijalankan oleh karyawan mereka.

8. Pelatihan yang sudah diambil, bisa digunakan dalam curriculum vitae.

9. Bagi perusahaan yang sedang mencari calon karyawan, bisa mencari talent sesuai dengan sertifikasi kemampuan yang dibutuhkan.

Pentingnya SDM Berbasis Digital

Secara daya saing, khususnya di bidang digital, Indonesia masih berada di peringkat 56 dari 63 negara. Hasil tersebut berdasarkan hasil survei IMD World Digital Competitiveness Ranking 2020 yang dirilis pada awal Oktober 2020 lalu.

Tentu hal ini perlu diwaspadai, sebab peringkat Indonesia nyatanya masih jauh di bawah negara tetangga, yaitu Singapore yang menduduki peringkat ke-2.

Memang, secara peringkat Indonesia mengalami peningkatan pada faktor future readiness (kesiapan di masa depan).

Akan tetapi terjadi penurunan di faktor teknologi dan knowledge. Terutama faktor knowledge pada sub-sektor talent dan sub-sektor training serta education yang menurun.

Pada 3 Agustus 2020 lalu, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan perihal pentingnya percepatan transformasi digital melalui lima langkah, salah satunya yaitu persiapan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) digital.

Dengan berbagai manfaat dalam platform belajar EduparX yang sudah dijelaskan di atas tadi, tentu akan sangat membantu mempercepat pengembangan kemampuan SDM di bidang IT, yang notabene turut meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara lain.

Contact

Phone

0274 515448

Email

marketing@inixindojogja.co.id

Address

Jalan Kenari 69 Yogyakarta

ajax-loader
× Butuh bantuan?