Manfaat ITIL 4 Berikut Ini yang Jadi Dambaan Perusahaan Kelas Dunia

16 Jul 2021 | Blog, Article, Featured

ITIL 4 adalah versi terbaru dari ITIL (Information Technology Infrastructure Library). ITIL 4 sendiri, tepatnya merupakan evolusi dari ITIL versi 3.

ITIL 4 memberikan transisi yang praktis dan fleksibel bagi organisasi, untuk mengadopsi cara kerja baru yang dibutuhkan oleh dunia digital modern.

Sebagai sebuah framework terkemuka untuk Manajemen Layanan TI, ITIL 4 tentunya perlu untuk Anda gunakan.

Dengan menggunakan ITIL 4, organisasi Anda bisa mengikuti perubahan dalam teknologi, bahkan bisa juga memberikan produk dan layanan inovatif, dengan lebih efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan pasar.

ITIL 4 sendiri dibangun berdasarkan kemajuan ITIL selama beberapa dekade, perkembangan praktik-praktik IT service management, customer experience, value, dan transformasi digital, serta melalui keselarasan yang lebih besar dengan cara kerja baru, seperti Lean, Agile, dan DevOps.

Tapi, mengapa ITIL 4 diperlukan dalam sebuah perusahaan?

Ini tidak lepas, karena ITIL 4 memiliki pendekatan yang paling baik untuk layanan manajemen TI di dunia.

ITIL 4 sendiri menawarkan pendekatan, berdasarkan best practice yang diadopsi dari sektor publik dan swasta internasional.

Siapa saja yang telah menggunakan ITIL 4?

ITIL 4 telah banyak digunakan dan diadopsi banyak organisasi di dunia, baik dari pemerintahan, swasta, maupun pendidikan.

Di bawah ini ada beberapa organisasi yang sudah mengadopsi ITIL 4 dan versi pendahulunya:

  • Microsfoft
  • IBM
  • Hewlett-Packard
  • Honda
  • Wal-Mart
  • Visa
  • Disney
  • US Navy
  • US Army
  • Toyota
  • Shell Oil
  • Boeing
  • Australia Post
  • British Airways
  • British Telecom
  • Ohio State University
  • Oregon State University
  • University of Wisconsin
  • Yale University
  • PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)

Daftar di atas hanya sebagian kecil perusahaan yang sudah menggunakan ITIL 4.

Tentunya, masih banyak lagi organisasi yang mengadopsi ITIL 4 maupun versi pendahulunya, sebagai kerangka kerja IT Service Management mereka.

Sebagai gambaran, di Telkomsel sendiri adopsi ITIL nyatanya berdampak baik pada kinerja perusahaan.

Hal tersebut terbukti pada setiap tahun, Telkomsel menjadi penyumbang terbesar dari profit Telkom selama satu dekade terakhir.

Manfaat Menggunakan ITIL 4

ITIL 4 sebenarnya menggunakan dasar pendekatan yang sistematis, terutama untuk manajemen layanan TI.

Di sisi lain, adanya ITIL 4 juga bisa memberi manfaat bagi sebuah perusahaan, seperti:

1. ITIL 4 bisa meningkatkan Return on Investment (ROI) pada TI.

2. Selanjutnya, ITIL 4 juga bisa meningkatan kapabilitas dan produktivitas.

3. Tidak sampai situ saja, ITIL 4 ternyata mampu meningkatkan kepuasan pelanggan maupun pengguna.

4. Kemudian, ITI 4 juga bisa meningkatkan hasil pemanfaatan aset.

5. ITIL 4 juga bisa meningkatkan hubungan dan interaksi, antara penyedia layanan TI dengan pengguna maupun pelanggan.

6. Lalu, ITIL 4 akan membantu organisasi Anda untuk mengimbangi perubahan zaman, yang menuntut organisasi untuk terus berkembang.

7. Terakhir, ITIL 4 bisa membantu integrasi layanan TI.

Tentunya, manfaat-manfaat penggunaan ITIL 4 sendiri, secara nyata sudah dibuktikan oleh banyak organisasi di dunia yang mengadopsi ITIL 4 sebagai kerangka kerja layanan TI mereka.

Outline Pelatihan ITIL 4

Mungkin Anda sedikit penasaran mengenai apa saja yang akan dipelajari di dalam pelatihan ITIL 4.

Nah, Inixindo Jogja sebagai lembaga resmi pelatihan ITIL 4, akan memberikan sedikit gambaran mengenai outline pelatihan ITIL 4 tersebut, antara lain:

1. Pengenalan Kerangka Kerja ITIL 4.

2. Perbedaan ITIL 3 dengan ITIL 4.

3. Pengelolaan Layanan TIK (IT Service Management / ITSM).

4. Empat Dimensi Pengelolaan Layanan TIK

  • Organizations & People.
  • Information & Technology.
  • Partners & Suppliers.
  • Value Streams & Processes.

5. Service Value System.

6. Prinsip-Prinsip Panduan (Guiding Principles)

  • Focus on Value.
  • Start Where You Are.
  • Progress Iteratively with Feedback.
  • Collaborate & Promote Visibility.
  • Think & Work Holistically.
  • Keep It Simple & Practical.
  • Optimize & Automate.

7. Service Value Chain

  • Plan.
  • Improve.
  • Engage.
  • Design & Transition.
  • Obtain / Build.
  • Deliver & Support.

8. Continual Improvement Model.

9. 14 Praktik Pengelolaan Umum (General Management Practices).

10. 17 Praktik Pengelolaan Layanan (Service Management Practices).

11. 3 Praktik Pengelolaan Teknis (Technical Management Practices).

12. Persiapan dan Latihan Soal Ujian Sertifikasi ITIL 4 Foundation.

Setelah Anda berhasil mendapatkan sertifikasi ITIL 4 tersebut, tentu bisa Anda gunakan dalam menunjang karir Anda.

Ini tidak lain, karena sertifikasi ITIL 4 sendiri telah diakui secara internasional. Tidak sampai situ saja, bukan tidak mungkin, dengan memiliki sertifikasi ITIL 4, banyak perusahaan semakin tertarik untuk merekrut Anda.

Sebab, dengan memegang lisensi ITIL 4, Anda akan diakui secara resmi bisa dan mampu membawa perusahaan ke tujuan yang diharapkan.

Contact

Phone

0274 515448

Email

marketing@inixindojogja.co.id

Address

Jalan Kenari 69 Yogyakarta