Pemkot Semarang Pamerkan Tilik Semar dan Robot Pelayanan di Indo Smart City Forum & Expo 2021

16 Oct 2021 | Blog, Article, Featured

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menggelar acara bertajuk Indo Smart City Forum & Expo 2021 di The Rich Jogja Hotel, Yogyakarta. Acara tersebut digelar selama dua hari, yakni pada 13-15 Oktober 2021.

Indo Smart City Forum & Expo diikuti oleh sejumlah pemerintah kota dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam APEKSI.

Dengan tagline “Membangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan bagi Penanggulangan Pandemi”, acara ini menjadi ajang untuk menunjukkan potensi daerah dan sejauh mana implementasi Smart City di masing-masing kota peserta.

Tilik Semar dan Robot Pelayanan Publik

Dalam acara tersebut, Pemerintah Kota Semarang tampil dengan berbagai inovasi yang menjadi bagian dari Semarang Smart City.

Salah satunya adalah teknologi Tilik Semar yang mampu memantau berbagai permasalahan di Kota Semarang.

Kepala Bidang Pengembangan Komunikasi Publik, Pemerintah Kota Semarang, Arif Budiman mengatakan, Tilik Semar adalah implementasi dari teknologi Artificial Intelligence dan Big Data Analytics.

“Tilik Semar sendiri adalah hasil penggabungan dua teknologi yakni AI dan Big Data Analytics, sehingga menciptakan suatu sistem informasi” ujar Arif ketika ditemui di acara Indo Smart City Forum & Expo 2021.

Tilik Semar atau Monitoring Terintegrasi Beranalitik Kota Semarang memanfaatkan perangkat CCTV yang dipasang di berbagai wilayah untuk mendeteksi permasalahan yang sering terjadi, seperti genangan air, kemacetan, hingga parkir liar.

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum usai, teknologi Tilik Semar juga digunakan untuk memantau dan memastikan langkah pencegahan penularan virus corona, yakni dengan mendeteksi pelanggaran protokol kesehatan yang selama ini diterapkan. Kemudian data pelanggaran tersebut diteruskan kepada Satgas Covid-19 Kota Semarang.

“ Di masa pandemi ini, Tilik Semar digunakan untuk memantau kerumunan di suatu tempat dan penerapan protokol kesehatan seperti halnya memakai masker, hasilnya kemudian akan diteruskan ke Satgas Covid-19 untuk dievaluasi.” papar Arif.

Selain teknologi Tilik Semar, Pemerintah Kota Semarang juga sedang mengembangkan prototype robot pelayanan yang sebelumnya adalah hibah dari Universitas Diponegoro (Undip). Kemudian robot pelayanan publik akan dikembangkan sendiri oleh Pemerintah Kota Semarang.

Robot pelayanan tersebut digunakan untuk meminimalisir kontak di tempat-tempat pelayanan publik seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan, sehingga mengurangi penyebaran Covid-19.

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada delapan robot pelayanan yang ditempatkan di pusat layanan publik, diantaranya Kantor Walikota Semarang, rumah sakit, dan puskesmas.

“Awalnya robot ini adalah hibah dari Undip, kemudian tahun depan akan dikembangkan lebih baik lagi oleh pemkot Semarang melalui Kominfo kami” ujar Arif.

Robot pelayanan publik tersebut juga merupakan implementasi dari Artificial Intelligence dan Big Data Analytics.

Pemkot Semarang Pamerkan Tilik Semar dan Robot Pelayanan di Indo Smart City Forum & Expo 2021 2

Bekerjasama dengan Inixindo Jogja

Dalam mengembangkan teknologi untuk mencapai Semarang Smart City, Pemerintah Kota Semarang juga bekerjasama dengan Inixindo Jogja sebagai penyedia layanan pelatihan IT.

Arif menjelaskan, untuk mengembangkan Tilik Semar dan Robot Pelayanan Publik tersebut, Pemerintah Kota Semarang mengirimkan pegawainya untuk belajar Artificial Intelligence dan Big Data Analytics di Inixindo Jogja.

“Kami akan belajar untuk Arficial Intelligence, Big Data Analytics, dan IoT untuk mengembangkan teknologi ini, agar nantinya dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan publik” jelas Arif.

Contact

Phone

0274 515448

Email

marketing@inixindojogja.co.id

Address

Jalan Kenari 69 Yogyakarta

ajax-loader
× Butuh bantuan?