Apa itu ITIL dan Apa Manfaatnya?

Apa itu ITIL dan Apa Manfaatnya?

Saat ini teknologi informasi sudah masuk ke semua lini kehidupan manusia, termasuk di Perusahaan, Organisasi, maupun sektor pelayanan publik. Pemanfaatan teknologi ini mengharuskan organisasi untuk melakukan pengelolaan dengan baik karena jika tidak efektif maka efeknya bagi organisasi akan menjadi tidak optimal. Maka dari itu dibutuhkan pengelolaan yang berdasarkan best practice dan membutuhkan panduan-panduan. Salah satu kerangka dan rangkaian konsep yang bisa dipakai untuk pengelolaan layanan adalah Information Technology Infrastructure Library atau sering disebut dengan ITIL.

Apa itu Information Technology Infrastructure Library (ITIL) ?

Teknologi Informasi Infrastructure Library (ITIL) adalah satu set konsep dan teknik untuk mengelola teknologi informasi (TI) infrastruktur, pengembangan, dan operasi. ITIL ® adalah pendekatan paling baik untuk layanan manajemen TI di dunia. ITIL menawarkan pendekatan berdasarkan best practice, yang diambil dari sektor publik dan swasta internasional. 

Siapa saja yang menggunakan ITIL ?

ITIL telah digunakan dan diadopsi oleh banyak organisasi di dunia baik dari pemerintahan, swasta dan pendidikan. berikut beberapa contoh organisasi yang telah mengadopsi ITIL:

  • Microsfoft
  • IBM
  • Hewlett-Packard
  • Honda
  • Wal-Mart
  • Visa
  • DIsney
  • US Navy
  • US Army
  • Toyota
  • Shell Oil
  • Boeing
  • Australia Post
  • British Airways
  • British Telecom
  • Ohio State University
  • Oregon State University
  • University of Wisconsin
  • Yale University
  • PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)

dan masih banyak lagi organisasi yang mengadopsi ITIL sebagai kerangka kerja IT Service Management mereka. Pada Telkomsel sendiri adopsi ITIL terlihat berdampak baik pada kinerja perusahaan terbukti pada setiap tahun Telkomsel adalah penyumbang terbesar dari profit Telkom selama satu dekade terakhir.

Apa itu Manfaat ITIL ?

Dengan menggunakan dasar pendekatan sistematis ITIL untuk manajemen layanan TI, ITIL menawarkan peningkatan pada sebuah perusahaan diantaranya:

  • Peningkatan Return on Investment pada TI.
  • Peningkatan Kapabilitas dan produktivitas.
  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan/Pengguna.
  • Peningkatan Hasil Pemanfaatan aset.
  • Peningkatan hubungan dan interaksi antara penyedia layanan TI dengan pengguna/pelanggan.
  • Menjaga organisasi untuk mengimbangi perubahan terkini yang mendorong organisasi untuk terus berkembang.
  • Integrasi Layanan TI

Peningkatan ini telah dibuktikan oleh banyak organisasi di dunia yang mengadopsi ITIL sebagai kerangka kerja layanan TI mereka.

Jadwal Training

Jadwal Training

Cloud Specialist

System Administrator

Scrum Master

Chief Information Officer (CIO)

Digital Transformation Leader

IT Service Manager

Digital Media Specialist

Diklat Pemerintahan

Training Need Analysis (TNA) Dalam Pengembangan ASN di Era Transformasi Digital

Training Need Analysis (TNA) Dalam Pengembangan ASN di Era Transformasi Digital

Community Day

Training Need Analysis (TNA) Dalam Pengembangan ASN di Era Transformasi Digital

Training Need Analysis (TNA) Dalam Pengembangan ASN di Era Transformasi Digital 51

Pemerintah pusat telah mengeluarkan peraturan mengenai pemerintahan berbasis elektronik  yaitu Perpres 95 Tahun 2018 tentang SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) dimana tujuan utamanya adalah transformasi digital pada sektor pemerintahan. Perpres 95 Tahun 2018 menjelaskan bahwa Visi dan Misi SPBE 2018 – 2024 adalah sebagai berikut:

Misi:
Terwujudnya SPBE yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

Misi:

  • Melakukan penguatan Tata Kelola SPBE
  • Mengembangkan Pelayanan Publik yang Terpadu
  • Membangun Fondasi TIK
  • Membangun SDM yang kompeten dan inovatif

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) sebagai OPD yang berwenang dalam pengelolaan SDM di lingkungan Pemerintah Daerah bertugas menjalan misi “Membangun SDM yang kompeten dan inovatif” dimana salah satu prosesnya adalah membuat Training Need Analysis (TNA) yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan bisnis Pemerintah Daerah, sehingga SDM unggul bisa semakin banyak di lingkungan Pemerintah Daerah.

Inixindo Jogja sebagai partner pemerintah daerah dalam hal pengembangan SDM akan menyelenggarakan Community Day Inixindo Jogja dengan tema “TNA Dalam Pengembangan ASN di Era Transformasi Digital”.

Pendaftaran

This form does not exist

Biaya

FREE

Waktu

Kamis, 23 Januari 2020

14.00 WIB – Selesai

Lokasi

Eduparx – Inixindo Jogja

Jalan Kenari No 69 Yogyakarta
Lihat di Maps

Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Birokrasi 4.0

Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Birokrasi 4.0

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan acara yang dihadiri oleh seluruh dinas komunikasi dan informasi se-Jawa Tengah dengan tema Sinkronisasi Perencanaan Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan di Salatiga, 20-21 Januari 2020.

Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Birokrasi 4.0 52

Dalam acara ini hadir Andi Yuniantoro dari Inixindo Jogja selaku narasumber dalam pengembangan Sumber Daya Manusia. Dalam kesempatan ini Andi Yuniantoro menjelaskan bagaimana pengembangan Sumber Daya Manusia sangat penting untuk mendukung Birokrasi 4.0. Dalam Birokrasi 4.0 perubahan atau transformasi yang penting dilakukan pada sumber daya manusia adalah tentang mengubah cara, mindset dan perilaku. disampaikan juga bahwa peluncuran aplikasi penting tetapi yang paling penting adalah mendapatkan manfaat dari aplikasi tersebut melalui data yang diolah

Jangan hanya me-launching aplikasi saja, namun juga harus mendapatkan data dari aplikasi tersebut

Turut hadir juga Bambang Dwi Anggono (Ibenk) selaku Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan sebagai narasumber menyampaikan tentang transformasi digital yang harus menghasilkan beberapa hal penting seperti partisipasi aktif stakeholder, kepuasan masyarakat, peningkatan kualitas pemimpin, peningkatan citra pemerintah, tumbuhnya inovasi bottom up hingga transformasi aparat yang menjadi handal.

#CommunityDay Analisa Sentimen dengan Teknologi Machine Learning

#CommunityDay Analisa Sentimen dengan Teknologi Machine Learning

Community Day

Analisa Sentimen dengan Teknologi Machine Learning

#CommunityDay Analisa Sentimen dengan Teknologi Machine Learning 53

Analisa Sentimen / Sentiment Analysis adalah salah satu teknik dalam mengekstrak informasi berupa pandangan (sentimen) seseorang misalnya terhadap suatu isu, kepuasan pelayanan, kebijakan, dan analisis pesaing berdasarkan data tekstual.  Namun, fenomena pertumbuhan data yang masif menjadi tantangan baru dalam proses analisis sentimen. 

Analisa tekstual secara manual semakin sulit dilakukan dengan menugaskan banyak orang untuk mengklasifikasikan jenis sentimen dari data tekstual yang sangat besar dan beragam tentu akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Misal kita memiliki data ribuan e-mail ataupun tweet per hari  yang harus di tentukan satu per satu jenis sentimen nya, tidak hanya membutuhkan waktu yang lama, tapi juga membutuhkan sumber daya yang sangat besar. 

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah teknik baru dalam analisis sentimen yang dapat secara otomatis mengekstrak informasi dari data secara cepat dan tepat, yaitu dengan memanfaatkan mesin yang dapat mempelajari e-mail maupun tweet seperti halnya manusia belajar, disinilah konsep Machine Learning dapat dimanfaatkan untuk analisa sentimen.

Machine Learning sendiri merupakan sekumpulan algoritma yang dapat mempelajari data kemudian mengenali pola dari suatu data, community day kali ini akan membahas dan menampilkan contoh analisa sentimen dengan memanfaatkan machine learning.

Pendaftaran

This form does not exist

Biaya

FREE*

* Tempat Terbatas

Waktu

Kamis, 20 Februari 2020

14.00 WIB – Selesai

Lokasi

Eduparx – Inixindo Jogja

Jalan Kenari No 69 Yogyakarta
Lihat di Maps

KELAS TATA KELOLA IT DAN AI

Executive Class kembali dengan IT Governance + AI Strategies and Policies! Klik Disini untuk dapatkan Promonya!

00Days
:
00Hours
:
00Mins
:
00Secs